ao ao SDN KEMBANGAN SELATAN 02 PAGI: Gubernur Klaim Jakarta Bersih Bocoran Soal

Kamis, 28 April 2011

Gubernur Klaim Jakarta Bersih Bocoran Soal


TEMPO Interaktif, Jakarta - Gubernur Fauzi Bowo mengklaim pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA maupun SMP di Jakarta bersih dari kecurangan bocoran soal. Suasana kondusif ini menurutnya karena pengawasan distribusi naskah ujian sampai ke tingkat sub-rayon yang sangat ketat. "Sampai detik ini tidak ada kebocoran dalam pelaksanaan ujian nasional," katanya seusai meninjau ujian nasional di SMP Negeri 120 Kamal Muara dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 39 Sunter, siang ini.
Gubernur membantah adanya pesan singkat berantai tentang kunci jawaban ujian nasional. Dijelaskannya, naskah ujian secara ketat didistribusikan lewat PT Pos Indonesia, yang sudah terbiasa mengirim dokumen rahasia negara. Sesampai di sub-rayon wilayah, naskah itu dikawal polisi. Dari sub-rayon, soal ujian disebar ke sekolah-sekolah. Fauzi menyatakan salut kepada para siswa Jakarta yang tidak percaya tehadap kunci jawaban SMS gelap itu. "SMS gelap memang masih ada. Tapi, anak-anak tidak tertarik."

Sebanyak 119.736 siswa SMP dan 15.237 siswa MTs mengikuti ujian nasional hari ini. Termasuk 223 siswa dari Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) yang tersebar di 5 wilayah Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, kelulusan peserta didik ditentukan berdasarkan nilai akhir (NA). Nilai ini diperoleh dari gabungan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. "Pembobotannya 60 persen untuk Ujian Nasional dan 40 persen untuk Ujian Sekolah."

Peserta ujian dinyatakan lulus jika rata-rata nilai akhir mencapai paling rendah 5,5 dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0. Tingkat kelulusan ujian nasional SMP di Jakarta tahun lalu, kata Gubernur, mencapai lebih dari 99 persen. Copied from: www.tempointeraktif.com

1 komentar:

Naga Niel mengatakan...

Apa benar ya klaim pak Gubernur ? :D perlu dipanggil detektif Conan untuk menyelidikinya hehehe

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...